BPH Migas telah menetapkan kuota Jenis BBM Tertentu tahun 2020 untuk Kab. Tojo Una Una

Liputan6.com, Jakarta BPH Migas telah menetapkan kuota Jenis BBM Tertentu tahun 2020 untuk Kab. Tojo Una Una sebesar 4.496 KL dan kuota BBM Khusus Penugasan untuk Kab. Tojo Una Una sebesar 6.266 KL.

Kepala BPH Migas yang dibacakan Kepala Seksi Pengaturan Pendistribusian Heribertus Joko Krostiadi, menyampaikan bahwa dengan diresmikannya BBM satu harga tersebut, maka masyarakat yang sebelumnya membeli BBM Premium dengan harga Rp.10.000 dan Solar dengan harga Rp 8.000 ke tingkat pengecer dengan harga tinggi, kini mereka sudah bisa membeli BBM dengan harga sama dengan yang dijual di kota-kota, yakni premium Rp6.450/liter, dan solar Rp5.150/liter.

BACA JUGA

Dirinya juga berharap agar penyaluran BBM satu harga ini diawasi ketat oleh semua pihak terkait, baik TNI/Polri dan pemerintah setempat, agar penyalurannya tepat sasaran.

“BBM subsidi jangan sampai dijual ke pihak industri, karena ini hak masyarakat kecil seperti nelayan. Kami berharap dengan membeli BBM satu harga ini, maka keuntungan para nelayan lebih besar lagi, sehingga mereka balik ke rumah dengan hati yang lebih bahagia lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tojo Una Una Mohamad Lahay menyambut baik dan mengapresiasi BPH Migas dan Pertamina yang sudah berkoordinasi dan mengawal sampai diresmikannya BBM satu harga di Tojo Una Una, sehingga bisa membantu masyarakat dalam mendapatkan BBM dengan harga murah atau sama harganya dengan BBM yang dijual di kota-kota seluruh Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Tojo Una Una akan mendukung pembangunan dan akan mempercepat perijinan terkait pembangunan BBM 1 Harga. Peresmian BBM 1 Harga ini adalah implementasi dari Membangun Indonesia dari pinggiran. Wilayah Tojo Una Una memiliki 12 Kecamatan yang terdiri dari 6 Kecamatan berada di daratan dan 6 Kecamatan berada di Kepulauan sehingga terdapat kesulitan dalam distribusi BBMBupati mengharapkan agar BPH Migas bisa memberikan tambahan kuota BBM untuk Kabupaten Tojo Una Una.

Uki Atma Nagara Sales Area Manager Sulawesi Tengah & Sulawesi Baratmengungkapkan bahwa PT. Pertamina akan berkomitmen untuk mensuplai BBM 1 Harga di wilayah 3T termasuk wilayah kepulauan yang ada di Kabupaten Tojo Una Una.

Dalam kurun waktu kurun Tahun 2017-2019, BPH Migas telah berhasil mengawal dan melakukan supervisi terhadap pembangunan penyalur BBM 1 Harga dengan capaian sebanyak 170 Lembaga Penyalur BBM 1 Harga. Dalam kurun waktu itu, BPH Migas telah menugaskan PT Pertamina (Persero) dan PT AKR Corporindo Tbk untuk melakukan pembangunan Penyalur BBM 1 Harga pada Lokasi Tertentu yang telah ditetapkan.

Untuk Tahun 2020-2024, sesuai dengan arahan Presiden bahwa Program BBM 1 Harga akan dilanjutkan dengan target sampai dengan akhir Tahun 2024 adalah terbangunnya 330 lembaga penyalur BBM 1 Harga. Untuk Tahun 2020 akan dilakukan pembangunan 83 lembaga penyalur BBM 1 Harga yang tersebar di 20 Provinsi, 70 Kabupaten, 83 Kecamatan. BPH Migas telah memberikan penugasan kepada PT Pertamina (Persero) untuk melakukan pembangunan penyalur BBM 1 Harga Tahun 2020.

Sumber : https://www.liputan6.com/news/read/4335562/rayakan-hut-ri-k2-75-bph-migas-resmikan-bbm-satu-harga-di-sulawesi-tengah

Penulis : Reza

Leave a Reply