Peresmian BBM Satu Harga di Pulau Nias (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Nias – Executive General Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR I) Herra Indra Wirawan mengatakan, BBM Satu Harga dihadirkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.Hal itu disampaikan Herra saat meresmikan 3 lembaga penyalur BBM Satu Harga di Nias. Setelah pada bulan September lalu diresmikan, kini ditambahkan kembali titik lembaga penyalur BBM Satu Harga sebanyak 2 di Kabupaten Nias Barat dan 1 di Nias Selatan.

“BBM Satu Harga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, karena energi memacu perekonomian. Sampai tahun depan masih ada, karena program dari pemerintah,” kata Herra di SPBU 16.228.027 di Desa Bawofanayama, Kecamatan Ganayama, Nias Selatan, Selasa (10/11).Herra menyebut, saat ini Pemerintah Indonesia juga tengah mengenjot infrastruktur BBM Satu Harga, meski harga biaya pendistribusian lebih mahal ketimbang harga jual kepada masyarakat.”Di Papua sana, gunung-gunung, kita angkut itu(BBM). Biayanya per liter Rp 38.500. Karena kita pakai pesawat, belum lagi menggunakan transportasi lain, truk, pakai drum, dan salurkan pakai bot melalui sungai,” kenang Herra, mantan GM Pertamina MOR 8.Menurutnya, jika dibandingkan Sumut, pembangunan SPBU Satu Harga lebih mudah dikerjakan ketimbang di Papua.‎”Kalau di Sumut jauh dari Papua. Kalau pulau-pulau seperti di Nias. Kalau sudah penugasan harus kita kerjakan,” sebut HerraKomite BPH Migas, Marwansyah Lobo Balia, dalam sambutannya, mengharapkan dengan semakin banyaknya Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kompak ini semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses bahan bakar.“BBM Satu Harga diperuntukan untuk wilayah 3T, yaitu Tertinggal, Terluar, dan Terdepan,” ujarnya.BPH Migas sendiri telah menetapkan kuota Jenis BBM Tertentu (JBT) untuk Kabupaten Nias Barat tahun 2020 adalah sebesar 170 ribu liter untuk minyak tanah, dan sebanyak 908 ribu liter produk Biosolar.“Sedangkan kuota Jenis BBM Khusus Penugasan atau JBKP Premium tahun 2020 sebesar 2,6 juta liter,” terangnya.Sejak tahun 2018 hingga saat ini, Pertamina sudah menghadirkan 10 titik SPBU Kompak yang dibangun di Pulau Nias.“Masyarakat diharapkan terbantu dengan kehadiran SPBU Kompak, dan Pertamina dapat terus hadir untuk menyediakan BBM berkualitas ke masyarakat,” tandasnya.(RZD)

Sumber : https://analisadaily.com/berita/baca/2020/11/10/1011743/bbm-satu-harga-untuk-tingkatkan-perekonomian-masyarakat/

Leave a Reply